Thursday, April 25, 2013

HO CHI MINH (Part 3 - Habis)

Dibagian ketiga kali ini saya akan berbagi mengenai tempat wisata yang saya kunjuni di Ho Chi Minh (HCM). Kemarin, saya memang tidak terlalu banyak mengunjungi tempat wisata, hanya yang berada di kota saja dan satu lagi Cu Chi Tunnel lokasi perang Vietnam kala itu yan terletak cukup jauh dari kota HCM.

One Day Tour ( Cu Chi Tunnel + Water Puppet Show + Xich Lo + Cruise Dinner)

Agak sulit mengunjungi Cu Chi Tunnel tanpa local tour karena letaknya yang cukup jauh dari kota. Tour agent yang tersebar di seluruh kota biasanya memiliki pilihan paket tour ini. Coba berkunjung ke kawasan backpacker Pham Ngu Lao untuk mendapatkan harga yang bersaing dibandingkan dengan tour agent yang berada dipusat kota. Kali itu saya mengambil sebuah paket One Day Tour yang terdiri dari Cu Chi Tunnel + Water Puppet Show + Xich Lo (becak) + Cruise Dinner. Harga satu paket one day tour ini relatif terjangkau hanya sekitar USD 35. Sebenarnya, tour Cu Chi nya sendiri hanya sekitar USD 10. yang lumayan mahal adalah dinner at the cruise-nya.

Tour dimulai pagi hari, jam 7 pagi mobil jemputan sudah akan tiba di hotel untuk mengantar kita ke tempat berkumpul. Disana kita akan bertemu dengan orang-orang dengan tujuan yang sama dari satu tour untuk berangkat bersama. Menggunakan bus yang tidak terlalu besar, saya dan rombongan yang berjumlah sekitar 20 orang kemudian berangkat ke Cu Chi Tunnel. Kurang lebih 2 jam atau sekitar 80 km dari kota HCM akhirnya kita sampai Ke Cu Chi Tunnel.

Tempat ini merupakan tempat berperang para pejuang Vietnam melawan penjajah. Lokasinya yang seperti hutan  dibiarkan seperti aslinya agar para wisatawan bisa merasakan bagaimana susasana perang jaman dahulu. Disini kita bisa melihat bagaiana para tentara berjuang dengan kondisi perang, bagaiana rumah sakit di bawah tanah dibangun, bagaimana dapur perang, sampai jebakan-jebakan perang pun masih bisa kita lihat disini.

Aslinya terowongan ini panjangnya mencapai 200 meter, namun katanya saat ini yang masih diawetkan ada sekitar 120an meter. Adal beberapa terowongan yang masih bisa dilewati pengunjung jika mau, namun harus dengan berjalan jongkok / menunduk. Mengingat badan saya tinggi dan besar, maka saya putuskan untuk tidak masuk kedalam terowongan karena takut stuck dan gak bisa keluar :)

Memang agak melelahkan sih berkeliling di Cu Chi Tunnel, namun jangan kawatir di akhir perjalanan kita akan disuguhkan makanan khas perang Vietnam yaitu.... singkong rebus dengan bumbu kacang.. hehe
Jalan masuk menuju Cu Chi Tunnel

Cara menghindari musuh

Siap-siap sembunyi

Tha daaaa!!! hilang tersamar dedaunan kering

Jebakan untuk musuh

Makanan jaman perang: singkong rebus dicocol kacang tumbuk

Tour leader sedang menerangkan tentang perang Vietnam

Tour di dalam Cu Chi Tunnel sebenarnya hanya memerlukan waktu 2  jam saja, namun dengan jarak yang cukup jauh, maka kita akan kembali ke kota HCM kira-kira di pukul 2 siang. Sesampainya dikota, seharusnya kita diantar kembali ke hotel, namun entah kenapa kali itu kami hanya diantar sampai toko si travel agent.. sial..

Kami akan dijemput kembali di hotel jam 6 sore hari untuk melanjutkan tour yaitu menontong pertunjukan Water Puppet dan makan malam. oleh karena itu masih ada waktu jika kita mau mandi dan bersiap-siap dulu.

Water Puppet Show merupakan salah satu pertunjukan yang katanya "must see" jika kita mengunjungi HCM, karena tidak ada ditempat lain. dalam satu hari terdapat beberapa kali pertunjukan, namun hanya dimulai sejak sore sampai malam hari. Ada kurang lebih 17 cerita yang ditampilkan oleh boneka2 air ini selama kurang lebih 45 menit waktu pertunjukkan.

Gedung Pertunjukkan Water Puppet
Secara garis besar, kita akan masuk kedalam sebuah gedung pertunjukkan yang kurang lebih berkapasitas 200an kursi. Dengan penataan seperti bioskop, semua penonton bisa melihat langsung ke panggung. Panggun merupakan sebuah kolam air dengan dekorasi khas Vietnam, disamping-sampingnya terdapat ruang untuk pemusik dan penyanyi yang akan bercerita.

Water Puppet Show

Ini para pemainnya
Boneka-boneka ini dimainkan oleh para dalang yang sepertinya berada di belakang panggung, entah bagaimana caranya namun pergerakan boneka ini cukup dinamis tanpa menyenggol satu sama lainnya. Cerita yang cukup banyak sebenarnya bikin boring, namun untuk sebuah pertunjukkan yang tidak bisa kita temukan di tempat lain, rasanya boleh lah kita sempatkan untuk menyaksikan Water Puppet Show jika kita mengunjungi HCM.

Keluar dari gedung pertunjukkan, tour leader kami telah menyediakan Xich Lo (becak) untuk kami naiki. Bedanya Xich Lo dengan becak yang ada di Indonesia adalah kapasitasnya yang hanya untuk 1 orang saja. Memang banyak saya dengar mengenai penipuan turis yang dilakukan oleh para pengendara Xich Lo ini, namun karena ini sudah menjadi bagian dari tour maka, kami hanya tinggal menikmati saja. Tour Leader sejak awal sudah mewanti-wanti kami bahwa ini merupakan bagian dari tour, sehingga kami hanya perlu memberikan tips aja sekitar VND 20 - 40 ribu atau sekitar 10ribu - 20 ribu rupiah saja.

Rombongan Xich Lo

Salah satu touris di rombongan kami menikmati Xich Lo
Xich Lo ini membawa kami ke sebuah dermaga dimana kami akan melanjutkan acara dengan makan malam diatas kapal pesiar. Acara makan malam ini sudah pernah saya ceritakan dicerita sebelumnya mengenai makanan. (baca disini)

---

Sisa hari kami mengunjungi tempat wisata di HCM kami lakukan sendiri, karena setelah melihat-lihat peta, kami merasa semua tempat wisata tersebut bisa kami capai dengan jalan kaki dari hotel kami yang berada di kawasan Ben Thanh Market.Bukannya kami pelit sih, pertama kami  masih muda dan masih kuat berjalan, kedua banyak sekali cerita turis ditipu supir taxi yang diputer-puter di kota padahal lokasinya berdekatan. ketiga, kami punya banyak sekali waktu untuk dihabiskan.. jadi gak ada salahnya kita berjalan kaki..

Ada beberapa tempat menarik yang bisa kita kunjungi diantaranya Palace of Independence, Notre Dame Church, City People's Committee Building, Opera House, Patung Uncle Ho Chi Minh, dan City Post Office